5 Langkah Mempercantik Rumah

Saat menyusuri suatu jalan, pandangan selewat biasanya langsung bisa menangkap ada gaya desain yang menonjol dibandingkan dengan gedung-gedung lain di sepanjang jalan tersebut. Selintas saja, itu terlihat. Yap, itulah gaya desain industrial.

Mengutip sedikit dari decoist.com, gaya desain industrial ini memperlihatkan penggunaan material bangunan yang tergolong bahan mentah. Bisa kayu, besi, pipa, dan sebagainya. Keseluruhan desainnya memberikan tampilan yang seakan proses pembangunannya beluin selesai.

Hasilnya, gaya desain industrial ini membuat interior bangunan nampak seperti gudang tetapi tentunya dengan gaya. Variasinya sangat banyak, dari yang sangat natural sampai yang banyak dipoles.

Detail desain bergaya industrial masih menjadi tren sejak beberapa tahun terakhir. Ternyata, tampilan interior yang seakan belum selesai proses pembangunannya itu menjadi cara yang dipilih banyak orang untuk mempercantik rumahnya.

Kalau Anda menyukai gaya urban itu, ada beberapa tahapan yang bisa ditempuh demi mentransformasikan interior rumah dengan detail gaya industrial. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mempercantik rumah yang dikutip dari berbagai sumber.
  • Cari inspirasi dengan memperhatikan gedung-gedung bersejarah. Cara ini bisa memberikan ide kreatif seperti mengekspos dinding bata, penggunaan struktur baja yang tidak dilapis, dan detail lainnya yang umum terlihat di gudang atau pabrik.
  • Manfaatkan perlengkapan berbahan metal untuk melengkapi interior rumah. Bahan metal umumnya digunakan pada saluran pipa, penerangan, lemari, dan pegangan pintu. Atap dan kolom di struktur rumah juga bisa dipilih yang berbahan metal. Apa saja yang bahan metal ditambahkan supaya membawa pendekatan industrial ke desain interior rumah.
  • Campurkan dan padu padankan beberapa detail modern yang bernuansa industrial. Hal ini paling mudah dilakukan di dapur. Misalnya, gunakan peralatan modern berbahan stainless steel dan gunakan penerangan ruangan yang menggantung seperti liontin sehingga menghasilkari tampilan retro industrial.
  • Tambahkan sentuhan artistik dengan karya seni yang ekspresif. Bentuknya bisa merupakan grafis bergaris tebal, mural, ataupun simbol-simbol yang dilukis di dinding. Kreasikan sendiri dengan mengambil ide yang ditemukan di lingkungan sekitar seperti simbol, angka, huruf, ataupun lukisan abstrak.
  • Di luar rumah, bawalah juga aksen gaya industrial. Gaya desain industrial memang bukan hanya untuk interior tetapi juga eksterior. Misalnya, gunakan penerangan berupa beberapa bohlam yang disambungkan dengan kabel. Detail gaya yang mengikuti penerangan di gudang juga bisa membuat area luar rumah berkilap menakjubkan.   [Source Image: desaininterior.me, Source Article: PRM 6/12/2015]
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment