Tips Agar Dapur Aman dan Nyaman

Desain dapur tidak cukup dengan fungsional, tapi juga harus memperhatikan tujuan-tujuan lainnya. Yang terutama tujuannya adalah untuk menciptakan kondisi dapur yang aman dan nyaman.

Dengan maraknya acara masak di televisi, dapur bisa juga menjadi ruangan untuk mengumpulkan orangtua dan anak-anak. Karena itu, desain dapur jangan sampai menghambat gerak anak-anak atau membahayakan mereka sehingga aman harus menjadi syarat utama.

source image : lifestyle.liputan6.com

Selain itu, faktor kenyamanan. Dengan berkembangnya teknologi dalam desain interior, kitchen set memang bukan hanya memanfaatkan setiap sudut ruang tapi juga dibuat secara modern dengan mengacu pada kaidah ergonomi atau postur tubuh manusia.

Baca juga : Sudahkah Bagian-bagian Dapur Berikut Ini Anda Perhatikan?

Inilah beberapa panduan menciptakan dapur yang aman dan nyaman dalam desain modern minimalis. Panduan diberikan Sofyan Hidayat dan Ramadhani Dwi Putri dari Metric Kitchen serta dari berbagai sumber.

Beri Ruang
Untuk kenyamanan, dapur dengan desain modern minimalis sebaiknya minimal berukuran 3 x 4 meter. Penempatan kitchen set dan peralatan memasak pun harus ditata supaya tidak menghalangi ruang gerak. Bila dapur itu memiliki meja di tengah, jarak minimal dengan kitchen set yang merapat di dinding adalah 80-90 cm.

Vertikal
Dengan ukuran dapur terbatas, pilihlah kitchen set yang memanfaatkan ruang vertikal penyimpanan berbagai macam perabotan tidak memakan ruang yang terlalu banyak.
Ruang Makan
Untuk menghilangkan kesan sempit dan kenyamanan gerak, hilangkan sekat antara dapur dan ruang makan. Itu akan membuat dapur terasa longgar, nyaman bergerak, dan lebih mudah untuk mengambil berbagai kebutuhan.

Sirkulasi Udara
Untuk sirkulasi udara yang baik, sebaiknya dapur dilengkapi dengan exhaust hood tepat di atas kompor. Itu bagi keamanan dan kenyamanan dapur karena mampu membersihkan dan menyegarkan udara kotor yang dihasilkan dari proses memasak. Saat ini, bentuknya pun sudah beragam, tak lagi kotak. Bentuknya ada yang bergaya sedikit lengkungan atau bulat seperti lampu sehingga cocok disandingkan dengan siluet desain modern minimalis yang serba garis lurus. Bila tak menggunakan exhaust hood, pastikan kesediaan ventilasi yang baik di area dapur.

Pencahayaan
Sebaiknya dapur mendapat cahaya langsung dari matahari. Dapur adalah ruangan yang cenderung lembab sehingga harus mendapat cahaya yang cukup. Cahaya yang baik membantu untuk menghambat tumbuhnya jamur dan menghalau berbagai  hewan yang sering memanfaatkan kelembapan seperti kecoa dan tikus.

Soft Closing
Sekarang ini, anak-anak sudah semakin bebas keluar-masuk dapur dan membuka berbagai kabinet dan rak. Anak-anak kurang mengerti pemakaian kitchen set yang baik sehingga terkadang pintu kabinet atau rak dibanting. Untuk mengantisipasinya, terapkan teknologi soft closing pada setiap kabinet dan rak. Meskipun pintunya dibanting keras, ia akan melambat dengan sendlrinya sebelum akhirnya menutup secara sempurna.

Kabinet Berhidrolik
Sisi modern kitchen set bisa didapat dari penerapan sistem hidrolik pada kabinet atas. Pintu kabinet tak lagi dibuka ke samping, tapi ke atas seperti layaknya bagasi di kabin pesawat. Kabinet atas memang biasanya tingginya melebihi tinggi manusia. Penerapan teknologi modern ini membuat kita bisa sedikit mengintip peralatan makan yang tersimpan di rak paling atas.

Rel Dalam Kabinet
Bila kabinet pada kitchen set yang standar hanya memiliki rak statis, saat ini desain modern menampilkan rak yang bergerak maju-mundur menggunakan rel. Keuntungannya tentu saja kemudahan dan kenyamanan saat menyimpan atau mengambil barang.




Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment