Turbin Ventilator Bikin Ruangan Jadi Lebih Sejuk

Idealnya satu ruang perlu perubahan hawa dengan volume 70 - 90 mtr. kubik (m3) per jam, supaya suhunya sama juga dengan suhu diluar. Masalahnya, jendela serta pintu tak senantiasa terbuka. Sesaat ventilasinya terkadang relatif kecil hingga hawa didalam ruangan merasa panas. 

Permasalahan lain, waktu hawa keluar masuk, aliran hawa cuma terwujud dibawah plafon. Sedang diantara atap serta plafon hawa panas mengumpul. Lantaran tidak ada celah untuk keluar, hawa panas dari permukaan atap itu diradiasikan ke bawah hingga ruangan jadi semakin panas. 


Hawa panas diantara atap serta plafon itu pula mengakibatkan kondensasi (pengembunan) yang dapat bikin plafon serta dinding berjamur. Pemasangan AC memanglah dapat menolong menyejukkan ruang. Tetapi, harga AC masihlah relatif mahal serta mengkonsumsi listriknya cukup besar.

Baca juga : UPS, Sang Penyelamat Saat Listrik Utama Padam

Karenanya bila ingin yang lebih murah, Anda dapat menggunakan turbin ventilator untuk kurangi panas serta pengap pada ruangan. Manfaatnya sama dengan exhause fan. Cuma terlebih dulu ventilator semakin banyak digunakan di pabrik, gedung berolahraga, serta ruangan dengan manfaat berat. Baru terakhir ada untuk tempat tinggal dengan ukuran lebih kecil. Ventilator ada untuk residensial serta komersial (perkantoran, pabrik), dengan type serta ukuran tidak sama sesuai sama keperluan ruangan. 

Memiliki bentuk serupa jamur atau bawang bombay dengan sirip-sirip vertikal, serta dipasang menonjol di atap tempat tinggal. Umumnya ventilator terbuat dari aluminium atau stainless steel, serta berbagai mulai ada yang dari polycarbonate. Yang dari stainless lebih kuat serta tahan karat. Sedang yang dari aluminium lebih gampang sirna serta berkarat walau pula tahan lama. 

Kecuali dari logam ada pula ventilator dari polycarbonate. Dengan bahan itu turbin lebih kokoh serta berusia lebih panjang. Ventilator ini dapat mengisap hawa 200 % semakin besar serta mampu bertahan dari terjangan angin berkecepatan sampai 240 km/jam. Lantaran terbuat dari polycarbonate, pilihan warnanya juga lebih bermacam (delapan warna) serta dapat sesuai dengan warna genteng, hingga estetika tempat tinggal tetaplah terbangun.

Silakan baca : Manfaat dan Fungsi CCTV Bagi Kehidupan Kita

Ventilator ini cukup efisien keluarkan panas dari plafon. Ventilator bekerja dengan tenaga angin. Turbinnya memutar serta bikin hawa dalam ruangan tersedot keluar. Turbin berputar automatis akibat dorongan naik dari hawa diluar (yang lebih berat) pada hawa panas (yang lebih enteng) didalam lewat sirip-sirip vertikalnya. 

Pemasangan ventilator dapat menuruti kemiringan atap sampai 45 derajat. Idealnya, peletakan lebih tinggi dari pada puncak atap tempat tinggal supaya tiupan angin bergerak bebas meraih turbin. Cuma lantaran semuanya puncak atap telah di beri susunan semen, pemasangan dapat agak ke bawah dimana Anda dapat buka genteng. 

Sebelumnya dipasang lebih dahulu dikerjakan survey pada posisi tempat tinggal (umpamanya, apakah terhambat tembok tetangga atau tak), serta ukuran ruangan yang bakal dipasang turbin. Apabila tembok tetangga lebih tinggi dari pada atap tempat tinggal, bakal dibuatkan cerobong yang sangat mungkin posisi ventilator lebih tinggi. Harga telah termasuk juga ongkos pemasangan dengan garansi 10 th. serta bebas perawatan.

Baca juga : Ketahui Dulu Keunggulan dan Lampu LED Sebelumnya

Turbin ventilator dapat dipasang diatas ruangan manapun. Ruangan tamu, ruangan makan, dapur atau kamar mandi. Pendeknya seluruh ruangan yang perlu kelancaran aliran hawa. Di toko-toko material/bahan bangunan ada ventilator untuk tempat tinggal dengan diameter 25 - 60 cm. Walau kelak pemasang yang bakal memberi tahu ukuran turbin yang pas sesudah disurvei, Anda dapat mengukur sendiri keperluan ventilator. 

Cara mengukurnya, tetapkan dahulu volume ruangan (panjang x lebar x tinggi). Katakanlah, ruangan tamu dengan panjang 6 m, lebar 3 m, serta tinggi 4 m. Sesudah itu tetapkan volume atap (panjang x lebar x tinggi). Apabila tinggi atap 2 m, angka ini dibagi 2 lantaran atap tempat tinggal biasanya berupa segitiga. Akhirnya : 

Volume ruangan : 6 m x 3 m x 4 m = 72 m3 
Volume atap : 6 m x 3 m x 2 m/2 = 18 m3 
Keseluruhan ruangan = 90 m3

Silakan baca : Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini

Ventilator berdiameter 45 cm umpamanya, mempunyai daya tampung hisap 42,36 m3/menit. Dengan hal tersebut untuk ruangan volume 90 m3 diperlukan dua turbin ventilator berdiameter 45 cm.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment