Mengenal Teknik Gitar Jimi Hendrix

Jendela Informasi - Maestro gitar ini menggunakan Fender Stratocaster pada hampir semua penampilannya. Ia mempunyai dua buah gitar tersebut sebagai gitar utamanya, yaitu Stratocaster putih bikinan tahun 1965 dan Stratocaster Sunburst tahun 1964. Untuk amplifier, ia menggunakan head Marshall 100 watt dan sebuah cabinet B (bawah) 4 x 10 (empat speaker 10"). Jimi juga memakai efek distorsi Fuzz Face dan efek Octavia untuk membuat nada satu oktaf lebih tinggi dari not yang dimainkan. Efek lain yang juga menjadi ciri khasnya adalah baby cry wah pedal dari Jim Dunlop. Semua peralatannya tersebut (gitar, ampli, dan efek), sudah dipatenkan oleh pabrik pembuatnya atas nama Hendrix dan menjadi Hendrix signature series.
Sebagian besar komposisi Hendrix berbasis pada minor pentatonic (E, G, A, B, D) baik saat melakukan solo atau rhythm. Contohnya untuk lagu Voodoo Child (Slight Return), Machine Gun, Third Stone From The Sun dan Purple Haze. Jimi juga memiliki tangan yang sangat besar, karena itulah ia jarang menggunakan jari kelingkingnya, hanya menggunakan jari telunjuk, tengah, dan jari manisnya. Pada intro lagu Purple Haze ia menggunakan pattern E minor pentatonic pada nada dasar. Menggunakan efek Fuzz Face, ia menghajar senar dengan keras, sehingga sound yang keluar sangat distorsi. Penggunaan wah-wah pedal diperdengarkan Jimi pada intro lagu Voodoo Child (Slight Return). Disitu ia juga memakai E minor pentatonic.

Lagu yang kelihatan sederhana tetapi sebenarnya rumit adalah 'Manic Depression'. Pada lagu tersebut Jimi memakai scale A minor pentatonic (A, C, D, E, G). di bagian verse-nya ia menggunakan arpeggio dari A major pentatonic (A, B, C#, E, F#) dan G major pentatonic (G, A, B, D, E). Scale pentatonic ini juga tidak umum karena ia mengganti nada keempat dengan nada kedua. Hal lain yang juga tidak umum adalah ketukannya yang 3/4, sedangkan untuk musik rock biasanya tidak pernah lari dari ketukan 4/4.
Jimi Hendrix menampilkan scale E major pada chord C#m7 di intro lagu 'Spanish Castle Magic'. Chord ini dimainkan dengan not tunggal (dipetik satu persatu) pada C# minor pentatonic (C#, E, F#, G#, B). pada lagu ini Jimi juga memainkan bass Hangstrom 8 senar. Untuk rhythm, Jimi juga seorang master. Contohnya pada intro lagu 'Little Wing' yang sangat ritmis. Ia memainkan chord G dan Am dengan nada dasar pada senar E rendah di bar ke-2 dan ke-3.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment