iklan space 728x90px

Manfaat Mengikuti Kelas Prenatal Bagi Ibu Hamil

Hampir semua rumah sakit dan puskesmas, terutama rumah sakit bersalin serta rumah sakit ibu dan anak, mempunyai kelas parental.  Tujuannya memberikan informasi tentang kehamilan, persalinan dan kelahiran, serta perawatan bayi.  Kelas ini juga memungkinkan ibu hamil membicarakan segala kekhawatiran yang mungkin timbul.  Bahkan, kelas prenatal  sekarang juga memberikan saran-saran praktis tentang merawat bayi dengan menyesuaikan pada kesibukan ayah dan ibu yang sama-sama bekerja.

Kebanyakan kelas berlangsung pada enam  hingga delapan minggu di bulan terakhir kehamilan.  Di rumah sakit kota besar dimana ibu hamil semakin menyadari pentingnya kelas prenatal, seringkali kelas harus dipesan lebih dulu (booking) karena tingginya minat peserta.  Oleh sebab itu, mulailah memesan tempat di usia kehamilan 12 minggu.

Manfaat Mengikuti Kelas Prenatal Bagi Ibu Hamil
Bukan hanya ibu hamil, calon ayah pun akan memperoleh manfaat dari mengikuti kelas prenatal, diantaranya:
  • Latihan pernapasan dan relaksasi untuk mempermudah proses persalinan melalui kelas senam hamil atau kelas yoga.
  • Informasi mengenai seluruh proses persalinan, rincian prosedur medis, dan tindakan yang mungkin dilakukan.
  • Kiat mengatasi reaksi emosional ibu hamil serta perubahan yang terjadi pada saat kehamilan dan setelah kelahiran.
  • Belajar beragam posisi melahirkan dan informasi pilihan pereda sakit.
  • Belajar gerakan-gerakan yang dapat menguatkan otot-otot panggul dan perut lewat senam hamil atau yoga.
  • Tips mengatasi beragam situasi yang mungkin terjadi saat persalinan, terutama menyangkut kesiapan mental. termasuk kapan pergi ke rumah sakit (tanda-tanda persalinan).
  • Persiapan menghadapi masa nifas dan apa yang dilakukan selama nifas, terutama dalam menjaga kebersihan organ reproduksi.
  • Tips mempersiapkan hidup bersama bayi baru, baik secara fisik, emosional, maupun mental.
  • Ajaran mengenai praktik sehari-hari menghadapi bayi baru, seperti mengganti popok, memberikan ASI, merawat tali pusat, memandikan bayi, kiat beristirahat bagi ibu di sela-sela merawat bayi, dan sebagainya.
  • Pengetahuan tentang keselamatan bayi di rumah, termasuk beberapa perubahan setelah kelahiran dan beberapa minggu pertama di rumah yang perlu diamati.
  • Bonus dari mengikuti kelas parental adalah kesempatan bagi calon ibu dan calon ayah bertemu dengan pasangan lain yang juga calon orangtua.  Perkenalan ini memberikan peluang untuk saling menukar informasi, saling curhat atau berbagi tips dengan mereka yang mungkin mempunyai cerita/pengalaman berbeda.
Demikianlah beberapa Manfaat Mengikuti Kelas Prenatal Bagi Ibu Hamil yang perlu Anda ketahui.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Manfaat Mengikuti Kelas Prenatal Bagi Ibu Hamil"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News