iklan space 728x90px

Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Jantung

Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hampir semua bagian dari tanaman ini dapat kita manfaatkan diantaranya pelepah batang tanaman pisang dapat digunakan sebagai pembungkus dalam pembuatan tempe, daunnya dapat digunakan sebagai bahan untuk membungkus kue dan aneka pepes, serta dapat dijadikan sebagai penghias berbagai masakan tradisional. Sedangkan buahnya yang sudah masak dapat dijadikan sebagai buah dan berbagai jenis kue. Ada satu lagi, bagian bunganya yang biasa disebut ontong dapat diolah menjadi aneka sayur.

Selain harganya murah, ontong atau jantung pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun perlu disayangkan tingkat konsumsi kita terhadap bahan makanan ini masih kurang. Untuk itu kita perlu senantiasa mencoba aneka olahan sayur yang berbahan dasar jantung pisang.

Jantung pisang mengandung bermacam zat gizi penting bagi tubuh diantaranya serat, vitamin C, beta karoten, serta mineral kalium, fosfor, dan asam folat. Adapun komposisi zat gizi pada jantung pisang dapat dilihat pada tabel berikut:

Selain itu jantung pisang juga sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menjalani program diet karena kandungan lemak dan energinya sangat rendah serta memberi rasa kenyang lebih lama. Serat yang dikandung dalam jantung pisang bisa menambah lancar pencernaan serta membelit lemak dan kolesterol untuk dikeluarkan dari saluran metabolisme pencernaan ke sistem pembuangan ekskresi. Mengonsumsi jantung pisang secara rutin dapat mencegah stroke, kolesterol tinggi, penyakit jantung karena bahan makanan ini bersifat anti koagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah. Disamping itu olahan jantung pisang aman untuk penderita diabetes karena memiliki Indeks Glikemik yang sangat rendah. Adapun beberapa resep olahan jantung pisang bisa Anda lihat di resep Lodeh Jantung Pisang Pedas dan Tumis Jantung Pisang.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Jantung"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News